Rabu, 27 Mei 2015

Artikel

Pantai Nabire
            Pantai Nabire merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Propinsi Papua, tepatnya di Kabupaten Nabire. Dahulu nama pantai tersebut bukanlah Pantai Nabire melainkan Pantai Map. Dikatakan Pantai Map karena area pantai tersebut dulu masih kepemilikan salah satu warga suku pribumi yang bernama Map. Melihat potensi yang ada di lokasi tersebut maka pemerintah Kabupaten Nabire secara resmi telah membeli lokasi tanah berpantai tersebut dengan sistem yang berlaku saat itu. Semenjak tahun 2012, Pantai Map secara resmi telah berganti nama menjadi Pantai Nabire.
              Konsep pembangunan pantai layaknya taman hiburan pinggir jalan. Karena letaknya yang memanjang dipinggir jalan raya, akan membuat para pengendara jalan terpikat untuk melihat panorama keindahan dari pantai tersebut. Keindahan panorama pantai yang dinanti-nanti oleh para pengunjung yaitu pada saat matahari mulai terbenam (sunset). Tidak hanya anak muda yang memadati kawasan itu, banyak orang tua yang mengajak putra-putrinya untuk melihat pesona keindahan sunset
          Fasilitas yang berikan untuk menambah kenyamanan para pengunjung yang ingin menikmati pesona alam pantai, sudah sangat memadai. Bagi pengunjung yang ingin membawa keluarga besarnya untuk berlibur, di area tersebut sudah tersedia tempat duduk melingkar yang menghadap kearah pantai. Dan disediakan juga tempat duduk memanjang tepat dipinggir pantai yang bisa digunakan untuk berfoto bersama. Pengunjung yang memiliki anak kecil tidak perlu khawatir karena di area pantai terdapat lahan kosong yang biasa digunakan sebagai wahana permainan saat malam hari. Khusus hari minggu pagi, lahan kosong tersebut digunakan sebagai tempat senam bersama.
Senam bersama tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh sekelompok pesenam yang pesertanya boleh diikuti oleh siapapun tanpa dipungut biaya. Irama yang dipergunakan untuk mengiringi kegiatan sehat tersebut, selalu menggunakan lagu terpopuler. Ditambah lagi dengan gaya dan gerak lincah para instruktur senam membuat banyak masyarakat yang memadati area lahan kosong itu. Setelah kegiatan senam berakhir, panitia penyelenggara telah menyediakan air mineral secara cuma-cuma.
Sarana dan prasarana yang juga diminati oleh para pengunjung yang datang ke lokasi pantai adalah terdapatnya penjaja makanan dan buah-buahan. Sebagai menu pelengkap untuk menikmati pesona alam pantai, biasanya para pengunjung juga memesan beberapa makanan yang dinginkannya. Nanti makanan yang telah dipesan tersebut akan diantar sampai ke tempat pembeli tersebut. Pelayanan inilah yang membuat para pengunjung tidak bosan untuk berlama-lama di Pantai Nabire. Selain itu, tiket masuk ke area wisata alam ini tidak dipungut biaya, hanya membayar jasa penitipan kendaraan bermotor. Dari beberapa fasilitas yang disediakan, tidak salah jika Pantai Nabire menjadi tempat hiburan yang paling diminati oleh masyarakat di Kabupaten Nabire. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar